Minggu, 12 Maret 2017

Review pospak dan cloth diapers (clodi)

Review pospak dan cloth diapers (clodi)



Penggunaan pospak dan clodi untuk bayi sudah tidak asing lagi karena keberadaan keduanya memberikan efek praktis. Pospak adaltersebutah diapers sekali pakai atau biasa orang menyebutnya "p*mp*rs" padahal itu nama sebuahn brand, sedangkan cloth diapers atau biasa disingkat clodi adalah popok terbuat dari kain yang memiliki bagian insert dan outer dimana popok ini dapat dicuci dan digunakan berulang kali.
Pada review kali ini saya tidak akan membandingkan mana yang lebih baik digunakan pospak atau clodi karena jujur saya menggunakan keduanya dengan alasan tertentu jadi tak usah di perdebatkan namun dapat kita lihat plus minusnya kedua produk ini.
Pospak
Saya menggunakan pospak pada ghifar dari saat ghifar usia 1 bulan, karena waktu ghifar lahir itu sekitar bulan mei di bandung hujan terus sedangkan ghifar pipisnya sering alhasil popok dan pernelnya sering dicuci dan belum kering sedangkan stok popok sudah habis jadi aja pake pospak.

Kelebihan
Kelebihan pospak adalah dapat menampung beberapa kali pipis dan praktis sudah dipakai tinggal buang. Hemat waktu gak ada drama cuci mencuci dan tidak tergantung pada kondisi matahari. Ukurannya disesuaikan berat badan anak dan harganya beragam.

Kekurangan
Sampah yang dihasilkan tidak sedikit, penggunaan pospak tidak dianjurkan dalam waktu yang lama sebaiknya diganti setiap 3 jam sekali karena tidak baik kulit bayi yang masih sensitif terlalu lama kontak dengan kotoran air seni maupun feses. Jika kita mengganti pospak setiap 3 jam sekali berarti dalam 1hari 24jam kita menghasilkan sampah pospak sebanyak 8buah, hmmm sampah yang lumayan tidak sedikit..
Selain itu kita juga harus mengeluarkan budget setiap bulannya untuk pospak ini, misal 1hari 8pcs x 30 hari =240 pcs. Jika kita membeli pospak yang murah ukuran M isi 20pcs seharga 35.000 berarti 1 bulan membutuhkan 12pak × 35.000= 420.000 biaya yang harus kita keluarkan untuk membeli pospak tiap bulannya..itu dihitung dari harga pospak menengah beda lagi hitungannya jika kita menggunakan pospak dengan kualitas terbaik. Yah selalu ada pengorbanan jika kita ingin mendapatkan kenyamanan hehe.

Untuk ghifar saya pernah beberapa kali membeli pospak dengan merk yang berbeda, berikut reviewnya:
1. Mamy p*k*
Awal mula ghifar menggunakan pospak dari mamy p*k* yang ada indikatornya. Bahan pospak lembut dan tipis, adanya indikator memudahkan kita untuk mengetahui apakah air seni yang ditampung di pospak sudah penuh atau belum. Jika penuh indikatornya akan berubah warna dari kuning menjadi biru. Ghifar nyaman memakai pospak ini lembut, tidak tembus, tidak menggembung dan tidak bikin ruam tapi harganya lumayan.

2. P*mp*rs premium care new born
Pospak ini bagus juga bahannya lembut tipis dan ada indikatornya. Kemampuan penyerapannya bagus dan saya suka dengan bahan materialnya lembut banget dan tidak berbekas lipatan karetnya pada perut ghifar. Harganya lumayan banget,saya beli pospak ini kalo lagi diskon sampe sengaja hunting ke beberapa minimarket kalo ada promo diskon haha karena harganya lumayan mahal.

3. Sw**ty bronze
Pospak ini bahannya lembut, tipis namun tidak ada indikatornya. Saya senang menggunakan pospak ini karena karetnya tidak berbekas di perut ghifar, daya tampungnya bagus dan cepat kering, tidak bikin ruam dan harganya menengah jadi masih dapat terjangkau

4. H*ppy n*ppy
Ghifar dari usia 5bulan sudah menggunakan pospak ini karena karetnya tidak berbekas, bahannya lembut dan harganya murah namun agak tebal dan sering bocor di bagian samping pospak jika pup.

5. G*on
Pospak ini bahannya lembut dan tipis, ghifar nyaman memakai pospak ini dan tidak mudah bocor harganya relatif murah keuntungannya sering banget promo diskon lumayan klo buat emak2 hehe.tapi kekurangannya susah di sobek bagian pinggir celananya jadi butuh tenaga extra untuk menyobeknya.

6. F**ti
Pospak ini harganya sangat murah dan sering diskon, bahannya lumayan bagus tidak terlalu tebal namun ukurannya kecil walaupun menggunakan size M dibandingkan dengan brand lain sehingga ada berbekas di perut ghifar.

7. M*rri*s
Pospak ini bahannya lembut, tipis, tidak bocor dan tidak bikin ruam. Harganya lumayan jadi beli kalo lagi diskon hehe

Alhamdulillah ghifar tidak ruam walaupun menggunakan pospak yang berbeda-beda tergantung mana yang lagi diskon. Solusi agar tetap aman walaupun sering ganti2 merk adalah jangan biarkan kulit bayi kontak lama dengan kotoran serta gunakan tisue basah untuk membersihkan area kelamin sebelum mengganti dengan pospak baru dan ganti pospak setiap 3jam sekali.

Cloth diapers ( clodi )
Clodi adalah popok yang bisa digunakan beberapa kali. Saya menggunakan clodi pada ghifar saat usianya 6 bulan.

Keuntungan
Hemat, Dapat digunakan beberapa kali, material insertnya macam2 ada yang nano fiber, bamboo dll. Dapat mengurangi sampah serta motifnya lucu-lucu.

Kekurangan
Cara pencuciannya lumayan ribet apalagi jika terkena kotoran feses. Noda kuning yang tertempel sulit di hilangkan kecuali direndam semaleman dan harganya lumayan untuk 1 pcs bisa mencapai 50.000 ke atas sedangkan untuk clodi impor 1pcs nya bisa 150.000 keatas. Penggunaan air saat pencucian lumayan banyak karena harus seminimal mungkin detergen yang tersisa pada insert clodi.

Clodi yang ghifar pakai :
1. C*rt*r
Clodi ini memiliki 2 lapis insert yang tipis sehingga jika basah mudah kering. Outer nya tidak kaku dan harganya murah 50.000/ pcs.

2. P*mp*m
Clodi ini hargany lumayan 75.000/pcs insertnya pun tebel sehingga sulit kering namun bagusnya tidak mudah tembus.

Terlepas dari keuntungan dan kekurangan pospak maupun clodi, keduanya memberikan nilai positif dan manfaat tersendiri bagi saya yang ingin praktis dan pipis ghifar tidak berceceran dilantai karena bisa najis. Dalam keseharian ghifar menggunakan clodi untuk selingan di waktu tertentu 1 hari bisa menggunakan 2-3 pcs.

Agar lebih hemat maka saya menggabungkan penggunaan pospak dan clodi 1hari dibatasi 3 pospak dan 3 clodi. Lumayan lah lebih irit. Maklum prinsip emak2 hehehe.

4 komentar:

  1. Maksih Nad reviewnya. Menurut nad Klo pake diapers yang bagus n murah pake merek apa say ? Trus klo pake clodi bagusnya merek apa yg bgus n murah jg dari pengalaman Nad hihihi?
    Teteh jadi tertarik juga beli clodi dari review Nad

    BalasHapus
  2. Kalo diapers yang agak murah harganya tapo bagus itu sw**tt bronze ukuran M hrga 34.900 isi 24 lg promo d ind*mr*t sma G**n juga lumayan bagus wlpn sush d sobek pinggirannya hehe lg promo juga ukuran m isi 20 hrga 25.900 d idm. Kalau clodi lebih seneng pake merk cart*r teh insertnya 2 g trlalu tebel jadi di jemur 1hari aja udh kering. Outernya juga g terlalu kaku.cuma y gtu 2-3jam dpake aja udh tembus hehe

    BalasHapus
  3. Halo mbak. Aku 1,5 tahun memakaikan clodi untuk anakku & selama ini noda pup bs rontok klo disemprot pake jetspray. Trs lgsg aja masukin ke mesin cuci. Insert yg terkena ompol jg lgsg masuk mesin cuci, ga usah dibilas. Semua beserta baju, aku cuci tanpa deterjen. Serius ini, hehe, aku cm pake ecoball/ecowash. Yg terkena noda pup, dijemur menghadap sinar matahari lgsg; istilahnya 'dikelantang'. Ntr ilang sendiri nodanya :)

    BalasHapus