Selasa, 07 Maret 2017

Bahan menu MPASI Part 1 Buah dan Umbi-umbian

Bahan menu MPASI part 1 Buah dan umbi-umbian


Awal-awal mpasi saya mengenalkan buah-buahan terlebih dahulu karena mengandung karbohidrat alami dan gula alami yang mudah
dicerna baby , kalau langsung serelia susah di cerna.

buah yang dipakai adalah:
1. alpukat mentega
Alasan ngasih alpukat di awal karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi,fosfor, magnesium , dan potasium.

Alpukat juga mengandung serat, protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.
kemudian ada lemaknya juga berhubung bb ghifar g embul2 banget alpukat dipilih sebagai booster bwt naikin berat badan ghifar.Reaksinya ghifar doyan banget karena teksturnya lembut dan manis. Penyajiannya alpukat di kerok kemudian di bejek2 atau di blender tanpa air. Daging alpukat yang diambil adalah bagian kuningnya saja karena bagian hijau yang mendekati kulit rasanya agak pahit.

2. Buah naga
Alasan ngasih buah naga karena tinggi airnya sehingga bisa memperlancar bab. Masalah awal mpasi bayi jadi sembelit sehingga pemberian buah naga bisa jadi solusi anti sembelit. Penyajiannya buah naga di kerok kemudian disaring bijinya sambil di bejek2 atau bisa juga buah naga diambil dagingnya lalu di blender dan disaring.

3. Melon
Ghifar suka banget makan melon karena banyak airnya jadi gampang nelen kayaknya. Melon di kupas dan dibuang bijinya lalu di blender. Kalau awal2 mpasi makannya di sendokin tapi sekarang 8m+ udh disimpan di botol minum pake sedotan.

4. Pisang
Ghifar biasanya makan pisang ambon atau cavendish. Jaman dahulu orang tua suka ngasih makan bayi pisang dengan cara di kerok, namun penyajian pisang bisa juga di blender. Tapi kalau ngasih mpasi pisang harus cepat2 dikasihin ke bayi dan engga bisa dibikin pure beku karena cepet berubah warna jadi coklat kehitaman akibat reaksi oksidasi sederhana. Ketika buah pisang terkena udara luar, maka enzim oksidatif akan bereaksi sehingga menyebabkan warna pisang berubah menjadi coklat kehitaman. Awal2 ghifar mau makan pisang tapi sekarang ga mau karena teksturnya berlendir kalaupun BLW dia gak suka juga malah di rames2.

5. Pepaya
Pengolahan pepaya untuk mpasi gampang banget tinggal potong kecil2 langsung di blender. Tapi sewaktu pup warna nya sama banget kaya pepaya dan baunya juga mirip haha

6. Pear & apel
Pear/apel harus dikukus dulu sebelum dijadikan pure gatau alasan ilmiahnya apa tapi kalo gak dikukus dulu emang suka masih kasar kerasa gerinjel2nya mungkin alsan harus dikukus biar lembut kali ya. Setelah usia 7m+ pear/apel boleh engga dikukus. Pengolahannya pear/apel dikupas dibuang bijinya lalu di potong2 kecil dan dikukus baru di blender. Setelah diblender warna pure pear berubah menjadi kecoklatan mungkin terjadi reaksi oksidasi.

7. Semangka
Baru berani ngasih ghifar semangka usia 8m+ alasannya karena kata temen bisa bikin batuk gatau bener apa engga haha. Ghifar seneng BLW makan semangka walaupun belum ada gigi tapi dia ngunyah pake gusi tapi makannya lamaaaaaaa

8. Jambu merah
Minum jus jambu siang2 saat cuaca panas hmm seger banget dan ghifar juga doyan.rasanya manis asem jadi bikin enak. Pengolahannya jambu di kupas kemudian dibuang bijinya baru di potong kecil dan di blender. Awal dikasih pure jambu ghifar langsung habis ludes padahal bikin pure dari 1 buah jambu yang besar. Pup nya pure jambu banget gak ada yang berubah wkwkkw


Umbi-umbian
 1. Ubi ungu & ubi kuning
Ngasih ubi ungu karena karbohidrat bikin kenyang dan manis. Penyajiannya ubi di cuci-kupas-potong kecil-kukus-blender tambah air. Penambahan air karena ubi bikin serer jadi biar agak encer. Memasuki usia 8m+ penyajian ubi saya bikin jadi kolak ubi pake santan tapi no gula n garam. Biar manis saya tambahin kue milna karena ghifar ga suka blw milna dari pada dibuang mendingan ditambahin ke menu lain kan jadi nambah ada rasa manisnya.

2. Kentang
Ghifar seneng nyemil kentang karena enak dan lembut. Tapi efeknya waktu dikasih makan nasi porsinya jadi sedikit mungkin karena masih kenyang. Kentang di cuci-kupas-potong kecil-kukus-bejek2.

Sampai usia 9m+ ghifar belum pernah dikasih singkong karena abang sayur di solo langka banget jual singkong.next mungkin bisa bikin menu dari singkong

1 komentar:

  1. Online Gambling in California - JMH Hub
    Online Gambling in California - JMH 수원 출장샵 Hub is 제천 출장안마 your source for the 광주 출장마사지 latest online gambling information and 동해 출장샵 information on 경주 출장샵 top Gambling Laws in California,

    BalasHapus