Minggu, 07 Agustus 2016

Journey to be a mom part 2

Trismester ke 2

Tak terasa usia kandungan sudah memasuki 4 bulan, bentuk tubuh mulai berubah dan mulai terbiasa dengan kondisi kehamilan. Alhamdulilah rasa mual yang dialami selama 3 bulan telah berkurang, dan sekarang mulai  bisa beraktifitas seperti biasanya. Nafsu makan pun mulai bertambah walaupun dikit-dikit masih oek oek kalau mencium bau ayam goreng. Lucunya selama 3 bulan pertama suami pun ikut jadi vegetarian karena gak sanggup kalau harus ngegoreng ikan/ ayam. Sejak usia kehamilan 3 bulan saya ikut pindah ke Solo bareng sama suami dan keseharian sibuk diisi dengan beres-beres rumah. Walaupun udah jarang oek-oek tapi badan bawaanya lemes banget, baru aja cuci piring dan pel lantai udah lemes banget. Alhamdulilah suamin pengertian mau rumah bersih kinclong atau berantakan kaya kapal pecah gak pernah protes, tapi di awal-awal harus dijelasin kalau kita itu bukannya males buat beres-beres tapi emang cepet banget lemes kalau lagi hamil belum mood yang terus berubah.

Semenjakhamil walaupun full dirumah dan disibukan dengan kegiatan beres-beres rumah tapi tetap jangan sampai kecapekan, kegiatan dipagi hari setelah shalat dan tadarus biasanya saya jalan-jalan keliling komplek atau Stadion Manahan selama 30menit ditemenin sama suami. Karena selama hamil berat badan naik terus dan kalau jalan atau berdiri bikin pegel mendingan kalau jalan pake sendal yang empuk. Walaupun jalan-jalan cuma keliling komplek atau keliling Stadion Manahan tapi udara pagi yang masih segar dan pemandangan pohon-pohon hijau sepanjang jalan lumayan bikin kita fresh secara gitu seharian kerjaanya dirumah mulu kan suntuk.

Sehabis JJP biasanya saya istirahat duduk ngaso selonjoran udah gitu baru deh bikin sarapan buat suami dan anterin suami pergi kerja, nganterinnya cuma sampe depan pintu doang hehe. Setelah itu saya istirahat  3o menit baru deh mulai ngelakuin beres-beres rumah biasanya kegiatan beres-beres ini diurutin dari mulai nyuci piring dan pel lantai  sampe nyuci baju dan istirahat lagi. Biasanya jam 9.30 pagi mbok sayur datang langsung aja belanja sambil nyapa tetangga, baru dilanjutin masak. Entah kenapa walaupun cuma masak 2 atau 3 menu tapi bikin capek banget ditambah udara solo yang panas banget kegiatan masak memasak ini udah berubah kaya habis marathon aja keringet bercucuran hhehe. Tapi capeknya masak terbayar karena suami makan siang dirumah bela-belain mau hujan atau panas tetap pulang makan siang dirumah, kebayang udara solo yang panas terus pulang pergi jam 12 siang pake motor alhasil kulit suami jadi matang >_<  .

Semenjak hamil siang hari wajib banget buat tidur siang karena malam suka susah tidur kalau siang juga gak tidur udah pusing keliyengan, walaupun tiap hari konsumsi obat penambah darah tapi kalau kurang istirahat tetep aja tekanan darah selalu rendah kalau periksa ke dokter. Kalaupun gak bisa tidur siang yah merem-merem ayam aja padahal gak tau kalau ayam lagi merem itu kaya gimana :P. Oh iya setiap bulan saya selalu memeriksakan kandungan di Rumah sakit PKU Muhammadiyah Solo buat tau perkembangan janin setiap bulannya dengan USG. Hal pertama yang membuat saya takjub dan terharu adalah saat pertama kali mendengar detak jantung deboy subahanallah ternyata benar-benar ada makhluk kecil yang tumbuh dalam rahim saya, yang menemani siang dan malam plus bikin saya muntah dan susah tidur. Alhamdulilah Janin deboy tumbuh sehat setiap bulannya dan makin sayang sama deboy kita berjuang sama-sama ya nak..

Pada saat hamil nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dikonsumsi juga sama bayi makanya harus dibiasakan makan makanan yang bergizi. Selama hamil kebutuhan nutrisi akan meningkat seperti kebutuhan akan kalsium, zat besi dan asam folat. Pada masa kehamilan janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak yang berfungsi untuk pembentukan sel dan sistem  saraf. Kalau janin mengalami kekurangan asam folat akan membuat perkembangan janin tidak sempurna dan membuat janin terlahir dengan kelainan  seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung) naudzubillah himindzalik. Untuk mencukupi kebutuhan asam folat selaind ari susu khusus ibu hamil juga dapat  diperoleh dari buhah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

Selain kebutuhan akan asam folat janin pun membutuhkan kalsium, susu dan produk olahan lainnya penting banget dikonsumsi, karena kalsium berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi serta tulang. Dengan adanya kalsium yang cukup selama kehamilan maka bumil akan terhindar dari osteoporosis, kalau kalsiumnya kurang janin akan  mengambil kalsium dari tulang ibu . Pernah suatu waktu saya males banget konsumsi susu hamil yang penyajiannya gak boleh panas karena bisa menyebabkan kandungan asam folatnya hilang, tiba-tiba gusi saya berdarah dan setelah tanya sama kaka ternyata saya kekurangan kalsium. Untuk mencukupi keperluan kalsium selain minum obat juga minum susu M*lo dan Ult*milk.

Pada masa kehamilan ternyata masa ngidam kayaknya berlaku hingga 9 bulan atau masa kehamilan selesai, walaupun ngidam pengennya yang aneh-aneh tapi tetep aja bisa bawa keuntungan karena pasti dilakuin sama suami. Jurus jitu biar apapun yang kita inginkan dipenuhi oleh suami yaitu dengan cara memasang muka memelas dan beralasan kalau itu semua demi deboy janin yang ada di rahim kalau gak dipenuhi nanti bisa-bisa dede nya ngacai  hehe amit-amit juga sih. Pokoknya komunikasiin aja apa yang kita mau sama suami insyaAllah kalau suami mampu dan tidak mempengaruhi kesehatan saya dan janin ya dilakuin. Tapi ada satu ngidam yang enggak dilakuin suami yaitu pengen traveling ke belitung hiks hiks katanya sih kalau pergi-pergian jauh dan naik pesawat takut kecapean dan ngaruh ke kesehatan deboy alhasil buat menggantinya suami ngajakin traveling ke kota-kota terdekat aja.

Semenjak hamil trismester 2 saya mulai seneng kepoin olshop keperluan bayi karena lucu-lucu banget, imut-imut gimana gitu. Untuk keperluan bayi mungkin insyaAllah nanti saya kupas di tulisan selanjutnya ^_^  > Oh iya biasanya sebelum tidur malam saya selalu menceritakan kisah para nabi atau sejarah lainnya dan surat-surat pilihan buat deboy, walaupun masih di dalam rahim tapi insyaAllah deboy bisa mendengar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar