Minggu, 07 Agustus 2016

Journey to be a mom part 1

1Journey to be a Mom Part 1


Perjalanan hidup tak ada yang tahu apa yang akan terjadi begitupun dengan jalan hidup yang saya alami. Tak terasa 1 bulan telah berlalu dari hari pernikahan yang dilakukan pada tanggal 16 september 2015 kado terindah yang telah Allah berikan untuk saya tepat 5 hari sebelum hari ulang tahun, Allah memberikan jodoh terbaik untuk saya. Hari ini tepat 1 bulan kami menikah dan berjalan tidak seperti biasanya, ada rasa senang dan bingung ketika saya memandang alat tes pack yah nampak 2 garis merah yang menandakan positif hamil. Senang ada makhluk kecil yang hidup di dalam rahim saya namun bingung diluar dugaan karena kami berniat untuk menunda selama 1 tahun namun ternyata Allah lebih cepat mempercayakan amanah ini kepada kami.


Trismester 1 menjadi awal perjuangan saya sebagai bumil, pada kehamilan trismester 1 terkenal dengan istilah morning sick dimana terjadinya rasa mual dan ingin muntah dipagi hari. Namun bagi saya bukan hanya morning sick tapi all day sick hehe karena memang rasa mual itu muncul tidak hanya di pagi hari saja tapi sepanjang hari. Rasa mual ini terjadi karena adanya hormon HCG ( Human Chorionic Gonadotropin) yang diproduksi setelah terjadinya pembuahan. Hormon HCG diperlukan untuk mendukung pertumbuhan plasenta yang berperan menyalurkan nutrisi dan oksigen dari tubuh ibu ke janin. Waktu kadar hormon HCG pada air seni meningkat, alat tes kehamilan akan menunjukkan dua garis yang menandakan positif hamil. Tapi dampak dari meningkatnya kadar hormon HCG yang tinggi menyebabkan mual dan ingin muntah yang sulit tertahan. Walaupun mual dan muntah terus terjadi dan bikin lemes tapi tetap harus ada asupan nutrisi yang masuk ke badan buat detun.

Banyak hal-hal baru yang terjadi di kehamilan semester 1 ini, saya yang asalnya senang sekali makan produk olahan daging sapi tiba-tiba saja gak suka dan tercium bau yang memicu rasa ingin muntah. Apapun makanan yang mengandung protein mulai dari ikan, ayam, telur semua saya stop jangankan ingin makan mencium baunya saja membuat saya ingin muntah. Dua bulan pertama kehamilan saya masih bekerja di Karawang jauh dari suami yang kerja di Solo dan keluarga yang tinggal di Bandung, terasa sekali perjuangannya namun harus tetap di nikmati. Semenjak hamil tiba-tiba mood cepat sekali berubah kadang senang, sedih, marah silih berganti, dari yang asalnya senang tiba-tiba bisa nangis bombay engga jelas yah untuk para suami jangan heran ketika istrinya tiba-tiba jadi melankolis dan baperan semua itu terjadi karena banyaknya perubahan hormon dalam tubuh bumil. Selain hormon HCG ada juga beberapa hormon yang diproduksi tubuh yaitu hormon HPL (Human Placental Lactogen) yang  berperan dalam memproduksi ASI pasca melahirkan. Hormon Relaxin  fungsinya memberikan efek relaksasi pada bagian sendi, panggul dan melembutkan  bagian leher rahim. Hormon estrogen yang diproduksi ovarium berperan meningkatkan pertumbuhan slauran kelenjar  susu yang sangat penting saat masa menyusui selain itu fungsinya dapat pula memicu kontraksi pada rahim jadi otot-otot di bagian  uterus menjadi lebih sensitif dan membuat bagian miss V dan serviks  menjadi lebih lentur dan juga hormn estrogen ini  mampu memperkuat dinding rahim saat terjadi proses persalinan. Kemudian ada hormon progesteron yang fungsinya untuk menciptakan lapisan dinding  rahim yang berperan untuk menahan plasenta yang ada pada rahim dan yang terakhir hormon MSH (Melanocyte Stimulating Hormone) yang dapat merangsang pigmentasi kulit pada wanita hamil.

Selain jadi melankolis dan baperan bumil tiba-tiba ngidam dadakan, banyak makanan atau hal-hal yang ingin dilakukan tapi gak boleh enggak wajib di turutin, terkesan egois banget sih tapi yah itulah uniknya bumil. Waktu hamil ngidam saya itu pengen jalan-jalan terus karena kalau ngidam makanan kan bisa dicari sendiri tapi kalau ngidam jalan-jalan kan harus sama suami hehe ngidam z pake strategi. Kehamilan pada semester 1 bener-bener perjuangan karena ini baru hamil pertama bagi saya yang masih awam ditambah jauh dari suami dan keluarga tapi rasa senang karena akan memiliki keturunan mengalahkan rasa lelah efek mual dan baperan hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar